Bila Tak Memberi Rasa Keadilan, Jokowi: Saya Minta DPR Merevisi UU ITE

Nasional

NOTULA – Pernyataan mengejutkan terkait Undang Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Pada rapat bersama pimpinan TNI/Polri yang digelar tertutup, Senin (15/2/21), dia meminta UU ITE direvisi, jika tidak memberikan rasa keadilan.

“Bila UU ITE tidak bisa memberikan rasa keadilan, saya akan minta DPR merevisi UU ITE ini,” kata Jokowi, dalam rekaman video yang diunggah pada Youtube Channel Sekretariat Presiden.

Menurutnya, permasalahan keadilan berkaitan dengan UU ITE berhulu pada revisi. Terlebih ada sejumlah pasal dalam UU ITE yang dinilai banyak pihak sebagai pasal karet. “Revisi, terutama pasal-pasal karet yang penafsirannya bisa berbeda-beda, yang bisa diinterpretasikan secara sepihak,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, seperti dikutip dari RMOL.id, Jokowi juga mengingatkan awal mula UU ITE ini diundangkan. Menurutnya, UU itu diniatkan untuk menciptakan ruang digital yang sehat.

Sayangnya, lanjut mantan Walikota Solo itu, implementasi UU ITE di lapangan justru bertolak belakang dari spirit awalnya. “Pelaksanaannya jangan justru menimbulkan rasa ketidakadilan,” tegasnya.