Bila Prabowo Tak Nyalon, Anies Berpeluang Menangi Pilpres 2024

Nasional

NOTULA – Hasil survei Trust Indonesia menyebutkan, Anies Baswedan berpeluang besar menang pada Pemilihan Presiden 2024, meski head to head dengan Ganjar Pranowo. Meski begitu ada kondisi yang harus dipenuhi.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Trust Indonesia, Azhari Ardinal, pada pemaparan hasil survei bertema “Indonesia Outlook 2022: Membaca Lansekap Politik Indonesia 2024”, di Hotel Hilton Double Tree, Jalan Pegangsaan, Jakarta Pusat, Senin (31/1/22).

“Bila Prabowo Subianto tidak maju pada Pilpres 2024, Anies Baswedan berpeluang paling besar memenangkan Pilpres 2024, sekalipun head to head dengan Ganjar Pranowo,” tegas Azhari.

Menurutnya, jika Anies yang saat ini menjabat sebagai Gubernur DKI itu disandingkan dengan Ganjar yang kini menjabat Gubernur Jateng, peluang menang dalam Pilpres mendatang justru semakin besar.

“Jika (Anies Baswedan) berpasangan dengan Ganjar Pranowo, peluang memenangkan Pilpres 2024 cukup besar, bahkan jika head to head dengan siapapun pasangan calon presidennya,” urainya, seperti dikutip dari rmol.id.

Trust Indonesia menggelar survei secara offline selama 10 hari pada 3-12 Januari 2022, dengan 1.200 responden. Metode yang digunakan multistage sampling dengan margin of error 2,83 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. Dilakukan indepth interview dengan metode face to face di 34 provinsi dan 120 kabupaten/kota.

Survei dilakukan untuk mengetahui tingkat popularitas dan elektabilitas Parpol serta tokoh nasional yang berpeluang menjadi Capres 2024, termasuk mengetahui preferensi masyarakat terhadap Parpol dan Capres di 2024.

Termasuk untuk mengetahui alasan utama yang mempengaruhi preferensi masyarakat dalam menentukan pilihan politiknya, termasuk mengetahui pandangan masyarakat tentang berbagai masalah fundamental di bidang sosial, ekonomi dan politik serta kebijakan-kebijakan pemerintah.