Besok, JAKI gelar ‘Kaukus Korban Hak Asasi Manusia (HAM) dan Kriminalisasi Rezim Jokowi’

Nasional

NOTULA – Para aktivis senior bakal berkumpul di Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (15/1) besok. Mereka akan membahas kriminalisasi yang terjadi selama masa pemerintahan Joko Widodo.

Mereka akan berkumpul dalam acara bertajuk “Kaukus Korban Hak Asasi Manusia (HAM) dan Kriminalisasi Rezim Jokowi”, yang digelar Jaringan Aktivis Kemanusiaan Internasional (JAKI) / International Humanitarian Activist Network (IHAN).

Koordinator Eksekutif JAKI, Yudi Syamhudi Suyuti, menjelaskan, sejumlah aktivis, pejuang kemanuasian, kaum pergerakan dan masyarakat umum, semuanya diundang dalam acara ini.

Secara khusus, para tokoh pejuang HAM dan demokrasi, seperti Sri Bintang Pamungkas, Haris Azhar, Natalius Pigai, Hafidz Abbas, dan Lieus Sungkharisma, juga akan memberi pernyataan mengenai penegakan HAM di masa Jokowi, termasuk sejumlah kriminalisasi kepada para aktivis.

“Para korban HAM dan kriminalisasi rezim Jokowi, seperti Nelly Rosa Yulhiana Siringoringo, Asma Dewi, Buni Yani, dan Ahmad Dhani, juga akan datang untuk memberikan pernyaaan,” jelasnya kepada wartawan, Minggu (13/1).

Menurut rencana, seperti dikutip dari rmol.co, acara digelar di Hotel Gren Alia Cikini pada pukul 14.00 ini, sekaligus diisi penandatanganan Piagam Kaukus 2019 oleh para korban dan pembela korban HAM.