Berangus Pinjol, Jangan Sekadar Legalitas

Nasional

NOTULA – Setelah beberapa waktu lalu mengkritisi fenomena praktik rentenir berkedok koperasi, kali ini advokat kenamaan asal Malang, Jaka Tritjahjana SE SH MH, melalui akun Youtubenya, Jk Tritjanjana Channel Zona Dialog, menyorot Pinjol (pinjaman online) yang banyak menjerat masyarakat.

Pada monolog bertajuk ‘Berangus Pinjol Bermasalah Tidak Sekadar Legalitas’, Jaka mengapresiasi langkah tegas pemerintah memberantas praktik Pinjol yang beberapa tahun belakangan memang marak, dan cenderung membuat masyarakat yang tengah dirundung masalah ekonomi menjadi obyek bulan-bulanan.

Topik ini mulai diupload melalui akun JK Tritjahjana Channel sejak sepekan terakhir.

Di awal uraiannya, arek Malang asli itu mengurai fakta-fakta pedih yang dialami masyarakat, terutama yang secara umum mengalami kesulitan ekonomi, dan akhirnya manjadikan pinjaman online sebagai shortcut yang mudah dan cepat.

Buntutnya bisa diduga, saat peminjam meleset sedikit saja, teror melalui berbagai device digital mulai dilancarkan. Mulai Bahasa kasar, hingga aneka model ancaman yang sangat tidak layak.

Jaka mengapresiasi langkah tegas yang diambil pemerintah melalui berbagai instrumen terkait, seperti Kemenkominfo, BI, OJK, kepolisian dan sebagainya. Antara lain mencabut izin, menggrebeg markas Pinjol dan menghukum aktor-aktor di dalamnya, dan sebagainya.

Sudah tepatkah langkah yang diambil pemerintah? Dari aspek penindakan, menurut Jaka, memang patut daiacungi jempol. Masalahnya adalah aspek pencegahan.

Nah, secara lengkap, ikuti uraian Jaka pada link berikut:  https://www.youtube.com/watch?v=z1mxIJ6xgHc