Bela Novel Baswedan, KPK Siap Pasang Badan

Nasional

NOTULA – Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan, dilaporkan ke Mabes Polri dan Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Menyikapi itu, Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK siap pasang badan.

Seperti diketahui, sebelumnya Novel dilaporkan oleh organisasi Pemuda, Pelajar, dan Mahasiswa Mitra Kamtibmas (PPMK) dengan sangkaan melanggar Pasal 14 dan Pasal 15 UU 1/1946 dan Pasal 45A Ayat (2) juncto Pasal 28 Ayat (2) UU 18/2016 tentang ITE.

“Jadi, prinsipnya Novel itu anggota saya, dan apa pun yang terjadi, saya wajib membantu ya,” tegas Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK, Karyoto di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (15/2/21).

Dia, seperti dikutip dari RMOL.id, juga berharap Polri dapat dengan bijak memaknai pelaporan yang dilayangkan kepada anggotanya.

“Bagi pelapor, mungkin dia sah-sah saja melapor ke polisi. Tapi paling tidak saya selaku atasan di sini mengharapkan Polri bijak memaknai pelaporan itu. Dan kalau mungkin bisa dicarikan jalan keluar terbaik, saya akan support,” jelas Karyoto.

Dia juga memastikan, pelaporan yang dilakukan karena Novel mengunggah sebuah tulisan di media sosial terkait respons atas wafatnya Ustaz Maaher At-Thuwailiibi di Rutan Bareskrim Polri, tidak memicu konflik antara KPK dengan Polri.

“Sejauh ini hubungan kami sangat bagus, harmonis sinergis dan kami saling mendukung. Karena apa pun yang ada di depan kita, tugas pemberantasan korupsi itu diemban KPK, kepolisian, dan kejaksaan. Sehingga kita harus bersinergi,” pungkasnya.