Bea Cukai Sita 3,952 Ton, Penyelundupan Sabu Makin Meningkat

Nasional

NOTULA – Penyelundupan sabu ke Indonesia mengalami peningkatan, terlihat dari barang bukti yang berhasil disita Ditjenderal Bea dan Cukai. Dirjen Bea dan Cukai, Heru Pambudi, di Medan, Rabu (28/11), mengatakan, hingga November 2018 pihaknya berhasil menggagalkan penyelundupan 3,952 ton sabu.

“Jumlah ini meningkat hampir dua kali lipat dibanding 2017 lalu yang jumlahnya 2,139 ton,” papar Heru, seperti dilansir dari rmol.co, Rabu (28/11).

Dijelaskan, upaya mencegah penyeludupan Narkoba saat ini menjadi tantangan besar yang dihadapi Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya. Penyeludupan didominasi sindikat Narkoba jaringan internasional dari Myanmar.

“Jadi ada perubahan, kalau dulu sindikat yang masuk ke Indonesia dari Cina dan Taiwan, saat ini yang lagi gencar-gencarnya sindikat dari Myanmar,” tambahnya.

Heru juga menambahkan, Indonesia dan Malaysia terus bekerjasama mencegah penyeludupan Narkoba dengan menggelar patroli bersama di perairan Selat Malaka. Tahun ini patroli bersama dilakukan lewat program Patroli Koordinasi Kastam Indonesia Malaysia (Patkor Kastima).

“Ini secara reguler kita lakukan, agar upaya penyeludupan dapat dicegah,” pungkas Heru.