Barong Sembur Geni, Visualisasi Corona Pengacau Dunia

Hiburan, NOT-TV

NOTULA – Seni budaya tradisional merupakan warisan leluhur yang wajib dijaga kelestariannya.

Upaya nguri-uri budaya tradisi itu juga dilakukan Sanggar Karsa Budaya yang ada di Kota Batu. Berdiri sejak 2008, dan kini sudah memiliki 203 murid yang mengikuti beragam seni tradisional.

Tari Barong Sembur Geni Turonggo Madyo salah satunya. Yang menampilkan adegan ekstrem dengan mengeluarkan api dari mulut barong, dan relevan dengan yang saat ini terjadi.

Tarian ini diawali lenggok selamat datang dari putri putri cantik, yang menggambarkan harmonisasi kehidupan.

Sampai akhirnya datang Barong Sembur Geni yang divisualisasikan sebagai virus Corona, hingga tiba-tiba semuanya berubah drastis. Ketakutan dimana-mana, tapi kehidupan harus tetap jalan.

Tari ini mengingatkan bahwa virus corona merubah tatanan kehidupan menjadi kacau, sekaligus memaksa untuk beradaptasi dengan virus yang enggan pergi itu.

Pimpinan Sanggar Karsa Budaya, Agus Mardianto, ditemui di Dewan Kesenian Kota Batu, mengungkapkan, virus Corona tidak boleh membuat berhenti menciptakan karya seni.

“Yakinlah, Tuhan tidak akan memberi cobaan yang tidak bisa dilewati hambanya. Jadi kita harus yakin bahwa suatu saat semuanya akan kembali baik,” katanya.