Banteng Monel, Bantengan Endel dari Kota Batu

Hiburan, Malang Raya, NOT-TV
NOTULA – Bantengan identik dengan irama menakutkan dan bahkan bisa “ndadi” atau kerasukan. Tapi beda dengan yang ada di Padepokan Gunung Ukir, Kota Batu. Di tempat itu yang ada ‘Bantengan Monel’, dan konon satu-satunya.

Tak seperti bantengan pada umumnya, Banteng Monel justru tidak menakutkan, banteng yang ini cantik, manja, endel dan memikat. Betapa tidak, pemainnya para perempuan yang berlenggak- lenggok menggunakan banteng berukuran kecil, bahkan imut.

Ki Iswandi, atau akrab disapa Ki Wandi, pimpinan Padepokan Gunung Ukir, mengaku menciptakan tarian Banteng Monel agar mindset masyarakat tentang bantengan tidak melulu menakutkan.

“Monel itu artinya cantik, endel, kenes, lincah dan riang gembira. Tari ini hanya ada di Padepokan Gunung Ukir, karena saya buat sendiri, jadi di tempat lain tidak ada,” tutur Ki Wandi, Minggu (13/12/20).

Banteng Monel Padepokan Gunung Ukir ini bahkan telah merambah panggung luar negeri, di antaranya Malaysia, Singapura dan Thailand, termasuk keliling nusantara.