Angelina Sondakh Bebas

Nasional

NOTULA – Angelina Sondakh, mantan anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat, resmi menghirup udara bebas dan menjalani program Cuti Menjelang Bebas (CMB) mulai hari ini, Kamis (3/3/22).

“Betul, Angelina Sondakh keluar Lapas Perempuan Jakarta sekitar pukul 06.30 WIB,” jelas Kabag Humas dan Protokol Direktorat Jenderal (Ditjen) Pemasyarakatan, Rika Aprianti kepada wartawan, beberapa saat lalu.

Dijelaskan, proses pembebasan Angelina dilakukan dengan protokol kesehatan. “Ia menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia atas tindakan yang mengakibatkan ia harus berada di Lapas selama 10 tahun. Dan ia mengatakan bahwa tindakannya yang dulu tidak patut dicontoh,” ungkap Rika.

Angelina, tambah dia, juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan seluruh jajaran petugas Lapas Perempuan Jakarta yang telah membinanya selama ini.

Angelina Sondakh di makam mendiang suami, Adjie Masaid. (Istimewa)

“Selain itu Angelina juga menyempatkan diri berpamitan dengan rekan-rekan warga binaan dan menitipkan pesan agar mereka selalu kuat dan sabar,” kata Rika lagi.

Acara pembebasan dihadiri Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham DKI Jakarta, Marcelina. Angelina merupakan warga binaan kasus korupsi Lapas Perempuan Jakarta yang mulai menjalankan pidana terhitung mulai 27 April 2012.

Dia menjalani pidana penjara selama 10 tahun berdasar putusan Mahkamah Agung (MA) nomor 107PK/Pid.Sus/2015.

Selama menjalani pidana, Angelina mendapatkan remisi dasawarsa sebanyak tiga bulan berdasarkan Keputusan Menkumham nomor W.10-2598.PK.01.01.02 tahun 2015 tanggal 14 Agustus 2015 tentang Pemberian Remisi Dasawarsa Tahun 2015, remisi itu juga diberikan kepada seluruh narapidana.

Angelina dinilai telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif untuk diberikan program CMB sebesar remisi terakhir paling lama tiga bulan.

Seharusnya, Angelina mendapatkan CMB pada Oktober 2021 kemarin. Namun, karena Angelina tidak membayar lunas sisa uang pengganti sebesar Rp 4.538.027.278, maka waktu CMB Angelina ditunda dan diperpanjang selama empat bulan lima hari yang jatuh pada hari ini.