Aneh bila Animo Publik Tak Tergambar pada Hasil Survei

Nasional

NOTULA – Survei Litbang Kompas yang diumumkan beberapa waktu lalu membuka kembali kepercayaan publik kepada lembaga-lembaga survei yang selama ini dianggap partisan.

Pernyataan itu disampaikan Jurubicara PKS Muda, Handi Risza, yang menilai akal sehat dan kejujuran lembaga-lembaga survei sudah mulai terungkap. Bagaimanapun juga, lembaga survei, sambungnya, sudah tidak bisa lagi menutupi animo publik untuk Pilpres 2019.

“Animo publik yang hadir pada setiap acara Prabowo-Sandi lambat laun mulai diakui dan tidak bisa ditutup-tutupi lagi,” kata Handi, Kamis (21/3).

Caleg DPR Dapil Sumbar I itu juga mengungkapkan, hasil survei Litbang Kompas sudah sesuai prediksinya, jarak antara petahana dan rival semakin terpaut tipis.

“Maka sangat aneh jika histeria publik yang besar, tapi tidak tergambar dalam hasil survei. Tentu kami curiga pasti ada sesuatu yang tidak normal,” ungkapnya, seperti dikutip dari rmol.co.

Ia pun mengapresiasi kejujuran survei kali ini. Jubir BPN ini yakin, Litbang Kompas sudah menunjukan kapabilitasnya sebagai lembaga riset yang objektif.

“Kami apresiasi, sebagai sebuah kerja ilmiah harus dipertanggungjawabkan juga secara ilmiah. Kejujuran perlu dalam kerja-kerja ilmiah, agar rasionalitas publik tetap terjaga,” pungkasnya.