Andika Pantas Gantikan Mulyono

Nasional

NOTULA – Sejumlah kalangan menilai Letjen TNI Andika Perkasa pantas menjabat Kepala Staf Angkatan Darat menggantikan posisi Jenderal Mulyono.

Catatan pengamat kepolisian dan keamanan dari Universitas Padjajaran, Muradi, menyebutkan, rekam jejak Andika di militer cukup cemerlang, lulusan terbaik Susreg Seskoad angkatan ke-37, dan pernah menjabat posisi-posisi penting di TNI AD.

Pada 2013, Andika telah menjabat sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI AD. Setahun berikutnya, atau tidak lama setelah Joko Widodo-Jusuf Kalla dilantik, Andika dipercaya menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres).

Selanjutnya menjabat sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura di tahun 2016. Setelah itu menjadi Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklatad) pada 2018.

Di tahun yang sama, Andika menjabat Komando Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) dan pada pukul 09.00 nanti akan dilantik sebagai KSAD.

“Jadi, kalau kita lihat rekam jejaknya memang bagus,” ucap Muradi, seperti dikutip dari rmol.co, Kamis (22/11).

“Jadi Andika itu lengkap, pernah jadi Pangdam, pernah jadi Pangkostrad. Kemudian KSAD, saya kira lengkap,” tutup Muradi.

Soal kepastian Andika akan dilantik menjadi KSAD juga telah dinyatakan oleh Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Kepresidenan, Ali Mochtar Ngabalin, pagi ini pukul 09.00 WIB.