Amien Pesimis Gugatan melalui MK Mampu Ubah Keadaan

NOTULA – Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga mantan Ketua MPR, Amien Rais, ikut berkomentar terkait pengajuan gugatan sengketa Pilpres yang dilakukan Paslon 02 Prabowo-Sandi ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Secara tegas dia mengaku pesimis MK dapat mengubah keadaan yang disebut Badan Pemenangan Nasional (BPN) banyak kecurangan dan ketidakadilan dalam pelaksanaan Pemilu.

“Hari ini Insya Allah kita sudah turun (untuk mengajukan gugatan sengketa) ke MK. Walaupun saya pesimis MK mampu merubah keadaan,” jelas Amien, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (24/5).

Tak hanya pesimis, Amien juga mengatakan, yang penting hasil penetapan yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak perlu diakui.

“Kalau sampai terjadi kecurangan yang bersifat terstruktur, massif, dan sistematik, tentu kita tidak perlu lagi mengakui hasil KPU itu. Sesungguhnya kami tahu, BPN ini tidak mengakui. Tapi kita dipaksa oleh jalur hukum,” ungkap Amien.

Sementara sebelumnya, tim kuasa hukum Prabowo-Sandi secara resmi telah mendaftarkan gugatan sengketa Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi pada Jumat (24/5). Mantan Komisioner KPK Bambang Widjojanto ditunjuk sebagai ketua tim.