Akhirnya, Kemenkes Pastikan Insentif Nakes Dibayar Utuh

Nasional

NOTULA – Setelah mengundang kontroversi, Kementerian Kesehatan akhirnya memastikan tidak ada pemotongan insentif sebesar 50 persen bagi tenaga kesehatan (Nakes) seperti kabar yang sempat beredar.

Sekjen Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi, mengatakan, nominal insentif yang diterima Nakes tahun ini sama dengan nilai 2020 lalu.

“Teman-teman Nakes jangan khawatir. Pemerintah terus melakukan hal-hal yang berkaitan dengan pembayaran ini dan masih dialokasikan oleh Kemenkeu,” kata Oscar Primadi, dalam konferensi persnya, Kamis (4/2/21).

Bukan soal nominal saja, ia juga mengusahakan pencarian insentif Nakes tidak molor seperti beberapa bulan sebelumnya. Hal itu sejalan dengan perbaikan sistem administrasi di Kemenkes.

“Untuk penyelesaian dan pencairan yang masih terlambat dan sebagainya, tentunya dengan perbaikan dari sisi administrasi ini, saya yakin 2021 ini akan lebih membaik,” tegas Oscar, seperti dikutip dari RMOL.id.

Berkenaan dengan keluhan Nakes daerah, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri terkait teknis penyaluran insentif agar pembayaran lancar.

“Semoga 2021 tidak ada lagi keluhan pencairan yang terlambat, Insya Allah kami berkoordinasi terus dengan Kemenkeu dan Kemendagri untuk menuntaskan pembayaran lebih cepat di 2021 ini,” tutupnya.