Akademisi UB: Label Petahana Jadi Keunggulan Sanusi

Malang Raya

NOTULA – Dosen Ilmu Pemerintahan Universitas Brawijaya, Muhtar Habbodin SIP MA, mengakui, label petahana (orang yang sedang atau sudah menjabat) menjadi keunggulan bagi Drs HM Sanusi MM, sebagai calon Bupati Kabupaten Malang 2021-2024.

Pernyataan itu disampaikan pada webinar rutin Ngopilah (Ngobrol Pintar Ala Mahasiswa), kali ini dengan tajuk ‘Pemimpin Angkatan Pandemi: Bagaimana Kualitas Kepala Daerah Pilkada Serentak 2020’, Kamis (3/12/20) malam.

Peserta webinar. (Foto: Yustina Sipayung)

“Pasangan calon nomor 1 (Sanusi-Didik) pada Pilkada Kabupaten Malang menurut saya punya keunggulan, karena sebagai petahana tentu sudah dikenal. Tapi bila dari sisi kualitas, jelas semua Paslon berkualitas, kalau tidak pasti tidak terpilih menjadi kandidat,” sergah Muhtar pada sesi tanya jawab.

Terkait masa pandemic dan korelasinya dengan angka Golput, Muhtar beranggapan, risiko ini memang jadi masalah, terutama bagi KPU (Komisi Pemilihan Umum). Namun bila Golput ternyata rendah, juga perlu menjadi perhatian, artinya ada kerumunan massa, karena antusiasme masyarakat.

“Kalau saya melihat Pilkada Kabupaten Malang akan berjalan baik. Masyarakat yang datang tetap sehat, pengawas sehat, terutama calon pemimpin yang dipilih. Semua itu bisa kita bisa lihat saat Pilkada nanti, sekarang hanya bisa meraba-raba,” katanya.

Pilkada Kabupaten Malang akan dilangsungkan pada Rabu, 9 Desember 2020, diyakini akan memberikan banyak pengalaman bagi semua pihak, karena memang banyak tantangan, terutama karena masih dalam kondisi pandemi.