Airlangga Dinilai Gagal, 25 DPD I Golkar Desak Munas Dipercepat

NOTULA – DPP Partai Golkar didesak mempercepat penyelenggaraan Musyawarah Nasional (Munas), seiring prestasi partai yang menurun di Pemilu Legislatif 2019.

Azis Samual, mantan pelaksana tugas (Plt) DPD Golkar Papua, mengatakan, sudah ada 25 DPD tingkat I yang menyatakan sepakat Munas segera diselenggarakan.

“Jadi, konsolidasi sudah bulat, 25 DPD I dan beberapa DPD II sudah sepakat percepatan Munas ini,” tutur Aziz dalam keterangan tertulis, Senin (26/5).

Desakan itu, kata dia, bukan tanpa sebab. Saat ini target perolehan 110 kursi di DPR RI gagal diraih Partai Golkar. Bahkan kehilangan 20 kursi jika dibanding Pemilu 2009.

“Awalnya Golkar menargetkan 110 kursi di DPR RI. Tapi ini jauh, kami juga hanya duduk di posisi ketiga, ini tak semestinya terjadi. Artinya, Airlangga sebagai ketua umum gagal, sudah sepatutnya bertanggung jawab, dan harus mundur,” ungkapnya.

Namun Azis tidak menyebutkan detail 25 DPD I yang mendesak Munas. Dia hanya menegaskan, Munas Partai Golkar harus diselenggarakan setidaknya pada Juli mendatang.

“Kami maunya Juli akhir, nanti kami akan buka kalau sudah waktunya siapa saja DPD I ini,” tambah Aziz, seperti dikutip dari rmol.co.

Berdasar rekam jejak perolehan kursi parlemen, dalam empat tahun terakhir Partai Golkar mengalami penurunan konsisten, dengan rincian, Pemilu 2004: 127 kursi, 2009: 105 kursi, 2014: 91 kursi dan 2019: 85 kursi.