Air PDAM Tercemar Solar, Walikota: Ada Indikasi Kesengajaaan

Malang Raya, NOT-TV
NOTULA – Warga Kota Malang mengeluhkan air di rumahnya berbau minyak tanah atau solar, Kamis 12/11/20). Menyikapi itu, PDAM Kota Malang atau Perumda Tugu Tirta langsung flushing (membersihkan seluruh pipa saluran dan tandon).

Merespon keluhan masyarakat itu, Wali Kota Malang, Sutiaji, Jumat (13/11) pagi, langsung mendatangi Sumber Air Wendit, bersama sejumlah pejabat terkait.

“Begitu mendapat laporan, saya langsung minta tim PDAM menganalisa dan mengidentifikasi. Akhirnya ketemu, penyebabnya ada di bagian pengisian solar (ke genset),” jelas Sutiaji, di Sumber Air Wendit.

Kepada wartawan dia mengungkapkan dugaan ada unsur kesengajaan atas insiden itu. Sebab itu ia meminta unsur pimpinan (PDAM) melakukan pendekatan terhadap anak buahnya.

“Ini menyangkut hajat hidup orang banyak. Ini bukan kelalaian, tapi masuk unsur kesengajaan. Untuk unsur kriminal, itu bukan domain kami, tapi kepolisian,” tegasnya.

Sutiaji yang didampingi Dirut PDAM Kota Malang, M Nor Muhlas, juga mengecek langsung kondisi air yang pagi tadi sudah jernih.

“Warga tidak perlu khawatir, sekarang sudah jernih. Ini pelajaran bagi PDAM Kota Malang,” dia mengingatkan.

Pada kesempatan yang sama Dirut PDAM Kota Malang, M Nor Muhlas, mengatakan, dia fokus pelayanan, agar air bisa dikonsumsi. Yang terdampak hanya air Wendit III, meliputi Lowokwaru, Blimbing dan sekitarnya.

Pihaknya juga terus flushing dan uji laboratorium terkait kondisi air hingga batas normal.