NOTULA – Adhie Massardi, mantan Jurubicara Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid, mengatakan, penerapan ideologi Pancasila mengalami kemandekan justru di kalangan elite penguasa.

Pernyataan itu disampaikan, mengomentari keterangan anggota BPIP, Mahfud MD, terkait pertemuan institusi itu dengan Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, beberapa waktu lalu.

Menurut Adhie, masyarakat di kalangan bawah sudah tidak ada masalah dalam penerapan Pancasila. Masalah justru muncul di kalangan elite penguasa, yang hanya menjadikan Pancasila sebagai jargon belaka.

“Pancasila sudah dijalankan dengan baik oleh masyarakat biasa. Di lapisan elite penguasa justru Pancasila mandeg jadi jargon,” tulis Adhir di Twitter, Minggu (12/5).

Dia juga menambahkan, seluruh kebijakan yang diambil pemerintah seharusnya dinilai dari sudut pandang Pancasila sebagai ideologi bangsa. Salah satunya, ia menyinggung soal kematian ratusan petugas KPPS pada Pemilu 2019.

“Semua kebijakan pemerintah harusnya diverifikasi dengan nilai-nilai Pancasila. Cocok apa ndak. Membiarkan ratusan petugas KPPS tewas misterius apa sesuai Pancasila?” pungkasnya, seperti dikutip dari rmol.co.

Seperti diketahui, Pemilu 2019 menyisakan duka mendalam bagi bangsa Indonesia. Hampir 600 orang petugas, baik anggota KPPS, Pengawas Pemilu hingga Kepolisian, meninggal dunia dalam menjalankan tugasnya.

Hal itu semakin parah dengan belum adanya tindakan nyata dari pemerintah untuk mengungkap fakta di balik tragedi Pemilu itu.