Ada Makan Gratis Tanpa Syarat di Klayatan dan Bumiayu

Malang Raya

NOTULA – “Amal yang terbaik untukmu adalah memberi makan dan mengucap salam kepada orang yang kamu kenal maupun yang tidak kamu kenal”. Demikian bunyi salah satu hadist yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim.

Hadist itu yang coba diimplementasikan kantin Al-Insyiroh, di Jalan Klayatan Gang 1, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Makan gratis ini berlaku untuk siapa saja, tanpa syarat. Semua dipersilakan mengambil makanan yang sudah disediakan, secara gratis.

“Ide awalnya sebenarnya dari keresahan saja, ini inisiatif Bersama,” kata David Prabowo, penginisiasi makan gratis di Kantin Al-Insyiroh.

Menurut dia, kegiatan itu sudah dilakukan sejak empat bulan lalu. “Kami buka di hari Selasa dan Rabu. Selasa di Klayatan ini, sedang untuk hari Rabu di Bumiayu,” rincinya.

Rata-rata ada 100-150 porsi makanan yang dibagikan gratis. Setiap minggu ada koordinasi internal, jika target porsi makanan tidak terpenuhi, bantuan dari donator diterima.

“Kami menerima bantuan dari siapapun, semua orang bisa menyumbang. Bahkan sepuluh potong tempe juga kami terima,” tutur David.

Seorang pengunjung, Mia Arianti, menuturkan, keberadaan kantin makan gratis ini sangat membantu. Terlebih masa pandemi ini membuat kondisi ekonomi terganggu. Kini warga tidak kesulitan cari makan.

David berharap, kantin makan gratis ini bisa membantu semua orang. “Tidak ada tendensi apa-apa, kami hanya mengharap ridho Allah, dan ingin jadi sebaik-baiknya manusia, bermanfaat bagi orang lain,” pungkasnya.