Inisiator RUU HIP Bakal Diusut

Nasional

NOTULA – Pimpinan DPR RI janji akan mengusut inisiator RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang dimunculkan di Badan Legislasi (Baleg) DPR RI.

Janji itu disampaikan Wakil Ketua DPR RI, Aziz Syamsuddin, usai merima delegasi Aliansi Nasional Anti Komunisme (ANAK) NKRI, di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Rabu (24/6/20).

“Tadi aliansi menyampaikan permintaan agar inisiator diusut. Kami akan menelusuri, pimpinan tadi menyepakati umtuk melihat notulensi, rekaman dan lain sebagainya, bagaimana proses pembuatan dari naskah akademis menjadi RUU,” ujar Azis.

Bila nantinya DPR RI menemukan inisiator tersebut, kata dia seperti dikutip dari rmol.id, tidak menutup kemungkinan akan diberikan sanksi sesuai mekanisme yang berlaku.

“Nanti kita lihat mekanisme yang ada. Kalau mekanisme tatib UU kan ada sanksi hukumnya,” katanya. Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini mengatakan, saat ini bola panas ada di tangan pemerintah.

Menurut dia, sewaktu-waktu pemerintah bisa mengeluarkan surat presiden (Surpres) untuk melanjutkan pembahasan RUU HIP. Jika Surpres tidak keluar maka parlemen tidak akan membahasnya kembali.

“Tadi kan saya sudah sampaikan. Kalau pemerintah nggak ngirim (Surpres), otomatis stop ini (pembahasan RUU HIP),” pungkasnya.