62 Negara Termasuk Indonesia Dukung Penyelidikan Asal Muasal Corona

Nasional

NOTULA – Upaya penyelidikan dari mana virus Corona semakin konkret. Negara-negara Eropa dan Australia telah menggalang dukungan untuk rancangan mosi yang menyerukan ‘evaluasi tidak memihak, independen, dan komprehensif’ sebagai respon sikap WHO untuk Covid-19.

Sedikitnya 62 negara, termasuk Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Turki, Rusia, Afrika Selatan, dan Inggris, menyatakan dukungannya terhadap mosi ini, tanpa menyebut China atau Kota Wuhan sebagai tempat asal muasal wabah terjadi.

Pada kesempatan itu Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne, menyatakan, dukungan itu sangat positif, untuk membantu dunia mempelajari hal-hal yang diperlukan dalam bidang kesehatan secara global.

“Ada dukungan positif terkait peninjauan independen terhadap pandemik, untuk membantu dunia mempelajari hal yang diperlukan bagi kesehatan global. Australia dan sejumlah negara sedang mensponsori resolusi yang dipimpin Uni Eropa, mencakup seruan untuk evaluasi yang tidak memihak, independen, dan komprehensif,” ujar Payne, seperti dikuti dari rmol.id, Senin (18/5/20).

“Ini tentang berkolaborasi untuk melengkapi komunitas internasional guna mencegah atau melawan pandemik berikutnya dengan lebih baik dan menjaga masyarakat kita aman,” kata Payne.

Sementara juru bicara Uni Eropa, Virginie Battu-Henriksson, mengatakan, pihaknya fokus mencapai konsensus penyelidikan itu. “Tentu, kami perlu mendapat dukungan dari semua pemain utama, dan China salah satunya,” katanya.

Selain itu, sekitar 120 negara anggota WHO diperkirakan ikut mendukung penyelidikan yang akan disampaikan saat sidang Majelis Kesehatan Dunia (WHA) pada 18-19 Mei 2020.

WHA merupakan forum pertemuan tahunan bagi 194 anggota WHO yang berlangsung setiap Mei. Tahun ini fokus membahas wabah Covid-19 yang tengah melanda banyak negara.