5.000 Personel Polri dan 600 Prajurit TNI Kawal Debat Keempat Pilpres

NOTULA – Debat keempat Pilpres 2019 bakal dikawal 5.000 personel Polri, demi keamanan dan lancarnya acara yang digelar di Hotel Shangri-La Jakarta. Sabtu (30/3) malam.

Seperti dikemukakan Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, 5.000 personel itu belum termasuk dari TNI yang bakal menurunkan sekitar 600 prajurit.

“Nanti (pola pengamanan) dibagi tiga zona, zona satu, pengamanan menggunakan Paspampree, H-1 sudah dilakukan sterilasiasi. Kemudian ring dua, ada TNI-Polri dan pengamanan pihak internal hotel, ketiga Lantas (lalu lintas),” jelas Dedi, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (29/3).

Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, seperti ledakan bom, Polri telah memasang CCTV portable mobile, ditempatkan ditaruh di kendaraan khusus.

“Ini khusus untuk memonitor jalannya debat yang berada di luar atau di sekitar debat,” jelas Dedi, seperti dikutip dari rmol.co.

Selain CCTV mobile dan portable, Polri juga menerapkan teknologi Face Recognation di dalam hotel, untuk mengidentifikasi siapa saja yang hadir.

Debat keempat Pilpres diselenggarakan 30 Maret 2019, dengan tema ideologi, pemerintahan, keamanan, serta hubungan internasional.

Debat kali ini hanya mempertemukan dua Capres, Joko Widodo dan Prabowo Subianto, dengan dua moderator, Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi.