4 Tim Sepak bola Jatim Hadiri Drawing Piala Menpora 2021 di Bandung

Sport

NOTULA – Dahaga penggemar bola nasional sedikit terobati. Mulai 21 Maret hingga 25 April, PSSI bersama Menpora dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), menghadirkan turnamen pramusim, Piala Menpora 2021.

Turnamen bakal diadakan di 4 kota, Malang, Solo, Sleman, dan Bandung. Dua grup diisi 5 tim dan dua grup lainnya diisi 4 tim. Seluruh tim berasal dari peserta Liga 1.

Piala Menpora bakal dilangsungkan dengan penerapan protokol kesehatan sangat ketat. Setiap pemain dan ofisial tim akan menjalani tes Covid-19, sebelum menjalani laga. Selain itu juga tak ada penonton di stadion.

“Piala Menpora ini jadi pintu masuk menuju kompetisi Liga 1 dan 2. Tolong para manajer klub sampaikan kepada pemain, pelatih, ofisial, agar benar-benar menjaga protokol kesehatan,” pinta Ketua Umum PSSI, Mochamad Irianto, saat membuka acara pengundian Piala Menpora 2021, Senin malam (8/3/21).

“Kita buktikan bahwa sepak bola bisa bergulir di tengah pandemic, dengan protokol yang telah kita sepakati bersama,” tegasnya, seperti dikutip dari RMOL.id.

Pada drawing kali ini, 4 tim mendapat ‘keistimewaan’ untuk tidak melakukan pengundian. Persib Bandung, Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, dan Arema FC langsung dibagi dalam 4 grup, sesuai rekomendasi pihak kepolisian.

Dengan mengutaman asas fairness, setiap tim asal kota yang menjadi tuan rumah penyisihan grup tidak akan bermain di kandang sendiri. Contohnya, Bhayangkara Solo FC tidak bisa bermain di Grup A yang dimainkan di Solo.

Hasil drawing pembagian grup Piala Menpora 2021:
Grup A (Stadion Manahan-Solo)
1. Arema FC
2. PSIS Semarang
3. Barito Putera
4. Tira Persikabo
5. Persipura Jayapura

Grup B (Stadion Kanjuruhan-Malang)
1. Persija Jakarta
2. Bhayangkara Solo FC
3. Borneo FC
4. PSM Makassar

Grup C (Stadion Si Jalak Harupat-Bandung)
1. Persebaya Surabaya
2. Persik Kediri
3. Persela Lamongan
4. PSS Sleman
5. Madura United

Grup D (Stadion Maguwoharjo-Sleman)
1. Persib Bandung
2. Persik Kediri
3. Persita Tangerang
4. Bali United

Acara pengundian Piala Menpora 2021 juga dihadiri Direktur PT LIB, Achmad Hadian Lukita, dan para manajer tim perserta. Plus legenda hidup, Widodo Cahyono Putro, sebagai pengambil kertas undian.