3 Pemain Timnas U-19 Batal Terbang ke Spanyol karena Covid-19

Sport

NOTULA – Pemain Timnas U-19 yang bertolak ke Spanyol untuk pemusatan latihan (TC) berkurang. Dari 27 pemain yang dibawa dari tanah air, 3 di antaranya tak bisa ikut karena terpapar Covid-19.

Seluruh pemain Timnas U-19 menjalani swab test, Kamis (24/12) lalu. Hasil yang keluar keesokan harinya, Jumat (25/12), ada 3 pemain yang positf Covid-19.

Tiga pemain yang namanya dirahasiakan PSSI itu langsung menjalani isolasi mandiri. Mereka berada dalam pengawasan tim medis PSSI hingga dinyatakan sembuh atau negatif dari Covid-19.

“Mereka reaktif, kami tidak berani mengambil risiko, dan kami tetap meminta dokter tim, mereka harus sehat di sana (Spanyol),” kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi, Sabtu (26/12/20).

Meski begitu, tiga pemain Garuda Nusantara itu diharapkan masih bisa menyusul ke Spanyol, setelah dinyatakan negatif Covid-19.

“Kami harus pastikan mereka tidak membawa virus ke sana (Spanyol), dan di sana mereka dalam keadaan sehat juga,” tambah Yunus, seperti dikutip dari RMOL.id.

Pada TC di Spanyol kali ini, pelatih Shin Tae-yong memanggil 30 pemain, dengan rincian, 27 pemain dari Jakarta dan 3 pemain dari luar negeri, bertemu langsung di sana, yaitu Witan Sulaeman, Elkan Baggott, serta Kelana Mahessa.

Timnas U-19 sendiri tetap menjalani TC di Spanyol, meski FIFA menunda Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. TC yang akan berlangsung hingga akhir Januari 2021 itu menjadi persiapan menuju Piala Asia U-19 yang akan digelar pada 3-20 Maret 2021 di Uzbekistan.