2021, Samsung Luncurkan Tiga Jenis Smartphone Lipat

Gadget

NOTULA – Samsung Electronics bakal meluncurkan tiga jenis model ponsel pintar seri lipat, tahun depan. Demikian kabar yang diungkapkan perusahaan OLED UBI Research.

Ketiga ponsel lipat itu tampil dengan seri Galaxy Z Flip 2, Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Fold Lite baru, menggunakan kaca ultra tipis sebagai penutup jendela.

Galaxy Z Flip 2 memiliki layar internal 6,7 inci dan layar eksternal 3 inci. Ukuran layar internal sama dengan Galaxy Z Flip pertama yang diluncurkan awal tahun ini.

“Tetapi ukuran layar eksternal lebih tebal 1,1 inci . Tidak ada perubahan pada desain tampilan lubang,” kata UBI Research.

Sedang Galaxy Z Fold 3 memiliki layar internal berukuran 7 inci dan layar eksternal berukuran 4 inci, demikian prediksi firma riset itu.

Untuk layar eksternal lebih kecil daripada Galaxy Z Fold 2 yang berukuran 6,2 inci. Namun Galaxy Z Fold 3 akan memiliki kamera panel bawah dengan tampilan yang lebih bergaya.

Layarnya juga memiliki transistor film tipis polikristalin oksida (LPTO) dengan suhu rendah (TFT) yang diterapkan untuk efisiensi daya yang lebih baik di layar. Model ini juga akan memiliki layar internal 7 inci dan layar eksternal dengan kisaran 4 inci.

Untuk Galaxy Z Fold Lite akan diluncurkan pada kuartal pertama 2021, untuk Galaxy Z Flip 2 dan Galaxy Z Fold 3 akan diluncurkan pada kuartal ketiga 2021.

Agar lebih gaya, Galaxy Z Fold 3 menerapkan kacamata ultra tipis dengan ketebalan 60 atau 100 mikrometer, lebih tebal dari display kaca yang digunakan untuk smartphone lipat tahun ini dengan ketebalan 30 mikrometer. Kelemahannya tidak dapat menahan tekanan dari titik pena tanpa meninggalkan bekas.