1,2 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Buatan Sinovac Tiba

Kesehatan, Nasional

NOTULA – Vaksin Covid-19 buatan Sinovac telah tiba di tanah air, Minggu (6/12/20). Presiden Joko Widodo memastikan, jumlahnya mencapai 1,2 juta dosis.

“Memang, sebanyak 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac tiba semalam,” jelasnya, dalam akun Twitter pribadi, Senin (7/12/20).

Dai memastikan, jumlah yang lebih banyak atau 1,8 juta dosis akan kembali didatangkan, bulan depan.

Tak hanya itu, pemerintah juga telah mendatangkan 15 juta dosis bahan baku vaksin, bulan ini, dan 30 juta dosis pada Januari 2021. Hanya saja bahan bakunya harus diproses lebih lanjut oleh Bio Farma.

Untuk proses vaksinasi kepada masyarakat, Jokowi menjelaskan, jutaan dosis vaksin yang datang masih perlu melewati tahapan ketat dari BPOM.

“Seluruh prosedur ilmiah harus dilalui dengan baik, untuk menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat. Pertimbangan ilmiah dan hasil akhir uji klinis akan menentukan kapan vaksinasi Covid-19 dapat dilakukan,” tegasnya.

Kepada rakyat Indonesia, Jokowi meminta tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan. Kedisiplinan itu perlu ditingkatkan sekalipun vaksin sudah ada.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkahi kita untuk bisa melewati ujian wabah ini,” harapnya, seperti dikutip dari RMOL.id.