10 Desember, Gabungan Bareskrim, Polda Jabar dan Polres Bogor Panggil Habib Rizieq

Nasional

NOTULA – Penyidik gabungan dari Bareskrim Polri, Polda Jawa Barat dan Polres Bogor, mengagendakan pemanggilan terhadap Habib Rizieq Shihab, terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan di Megamendung.

Menurut Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono, menurut rencana HRS akan dipanggil pada pekan depan, tepatnya 10 Desember 2020.

“RS (Rizieq Shihab) diperiksa sebagai saksi pada hari Kamis 10 Desember 2020,” kata Argo, Jumat (4/12/20).

Dijelaskan juga, dua hari sebelumnya atau 8 Desember, penyidik gabungan juga telah mengagendakan pemanggilan pemeriksaan terhadap tiga orang saksi lainnya terkait penyidikan perkara itu.

Mereka adalah Kepala Pondok Pesantren, Ustadz Asep Agus Sofyan, Panitia Habib Muchsin Alatas, dan Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Bogor, Burhanudin.

DIkutip dari RMOL.id, polisi mulai melakukan penyelidikan adanya dugaan pelanggaran protokol kesehatan terkait acara yang dihadiri Rizieq, mulai di Jakarta hingga Jawa Barat atau Megamendung, Bogor.

Kabar terbaru, aparat kepolisian dalam hal ini Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat resmi meningkatkan kasus ini ke tahap penyidikan, lantaran adanya dugaan kuat pelanggaran pidana terkait kekarantinaan kesehatan.

Polda Metro Jaya sendiri telah meminta klarifikasi Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, dan beberapa saksi lainnya yang mengetahui acara itu. Bahkan, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, juga diperiksa untuk proses klarifikasi di Bareskrim Polri.